-->

Mahalnya Biaya Sekolah Pilot


Mahalnya Biaya Sekolah Pilot

Wikipilot blog - Mahalnya Biaya Sekolah Pilot, Kebutuhan pilot untuk Indonesia saat ini sangatlah banyak, sedangkan sekolah penerbangan saat ini hanya mampu mencetak 500 calon pilot di setiap tahunnya. Setiap bulan maskapai penerbangan di Indonesia mendatangkan sekitar 5 pesawat setiap bulan, jika ditotal akan ada 600 pesawat di setiap tahunnya membutuhkan pilot dan co-pilot untuk mengoperasikannya. Maka dari itu tak pelak jika beberapa maskapai penerbangan menggunakan jasa tenaga asing untuk mengisi kekosongan posisi tersebut.
Cek daftar harga & review singkat di artikel daftar sekolah pilot
Salah satu faktor mengapa posisi ini jarang diminati oleh masyarakat adalah faktor biaya. Mahalnya biaya untuk sekolah pilot mencapai 500 - 800 juta setiap orangnya. Bahkan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang notabene adalah sekolah milik negara mematok biaya pendidikan 500 juta setiap siswanya. Pada tahun 2014 pemerintah memberikan subsisi senilai 400 juta dan sisanya di tanggung oleh siswa itu sendiri, sedangkan pada tahun 2015 pemerintah telah mencabut sepenuhnya beasiswa tersebut sehingga biaya ditanggung oleh siswa sepenuhnya.



Kapasitas STPI Curug dan Banyuwangi hanya mampu menghasilkan 200 lulusan penerbang di setiap tahun sedangkan sisa kebutuhan tenaga penerbang diserahkan kepada sekolah pilot swasta yang biayanya tidaklah murah. Perbedaan masa pendidikan pun menjadi acuan penting dalam kebutuhan tenaga penerbang. STPI Curug dan Banyuwangi meluluskan setiap siswanya dalam waktu 1,5 - 2 tahun sedangkan sekolah pilot swasta dapat meluluskan siswanya kurang dari 12 bulan. 

Dengan biaya yang mahal tersebut, beberapa sekolah swasta bersaing untuk menarik hati calon siswanya dengan menawarkan beberapa fasilitas yang diantaranya adalah beasiswa, cicilan ringan ataupun bank loan yang nantinya pembayaran bisa dilakukan saat pemotongan gaji.

Jika dilihat dari segi biaya sekolah pilot, akan sebanding dengan penghasilan seorang pilot walaupun untuk posisi awal tidaklah sebesar posisi captain yang sudah berpengalaman. Bagaimanapun juga pilot adalah salah satu profesi profesional yang mempunyai penghasilan tertinggi di Indonesia.

Mahalnya Biaya Sekolah Pilot