-->

Kisaran Gaji Seorang Pilot


Kisaran Gaji Seorang Pilot

Wikipilot Blog - Kisaran Gaji Seorang Pilot
, Tahukan anda, salah satu gaji tertinggi di Indonesia salah satunya adalah pilot yang kisarannya adalah sekitar 60 - 70 juta per bulan. Tapi tentunya tidak semudah itu untuk mencapai level dikisaran tersebut. Berikut faktor yang menentukan kisaran gaji: 
  1. Maskapai
  2. Jam Terbang
  3. Pangkat / Jabatan
Baca juga : Rincian besarnya gaji pilot garuda
Penghasilan 60 - 70 juta per bulan tidak bisa didapat ketika anda lulus dari sekolah penerbangan, melainkan anda harus mempunyai jabatan seorang kapten.
Berikut adalah tahap demi tahap jenjang karir :
  1. Second Officer (SO)
    Posisi jabatan ini merupakan tahap awal setelah lulus dari sekolah penerbangan. Tugas SO mendampingi seorang kapten untuk menerbangkan pesawat kecil. Perkiraan gaji untuk posisi Second Officer adalah 10 - 20 juta. Second Officer bisa melanjutkan ke jabatan lebih tinggi yaitu Co-Pilot dengan persyaratan harus memiliki lisensi ATPL dan ME dan memiliki jam terbang yang disyaratkan.
  2. Front Officer (FO) atau Co-Pilot
    Posisi ini bisa disebut juga sebagai junior pilot yang bertugas mendampingi seorang kapten dalam menjalankan tugasnya. Kapten dan Co-Pilot hanya dibedakan berdasarkan jam terbangnya. Dengan lisensi ATPL dan ME yang dimiliki, jika Co-Pilot memiliki jam terbang yang cukup maka bisa naik jabatan menjadi seorang Kapten. Perkiraan gaji untuk posisi FO atau Co-Pilot adalah 25 - 40 juta.
  3. (Kapten) Pilot
    Seorang kapten bertugas untuk menerbangkan pesawat dan bertanggung jawab atas setiap keputusan selama menerbangkan pesawat. Penghasilan seorang di maskapai Lion Air berkisar rata-rata 40 - 45 juta perbulan, sedangkan untuk penghasilan di maskapai Garuda berada dikisaran 45 - 50 juta perbulan. Hal ini juga berlaku dengan maskapai top lainnya seperti Sriwijaya Air, AirAsia, Citilink, Batik Air dsb. Semakin tinggi jam terbang, semakin tinggi pula kisaran pendapatan seseorang. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, sangat memungkinkan untuk menembus gaji 70 juta disetiap bulannya. 

Kisaran Gaji Seorang Pilot