-->

15 Daftar Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia


15 Daftar Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia


Wikipilot Blog - 15 Daftar Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia, terdapat beberapa kriteria dalam menentukan sekolah pilot terbaik. Hal ini sangat penting dikarenakan biaya yang akan dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan ini tidaklah sedikit. Perlu diperhatikan banyak tempat pendidikan menawarkan berbagai keuntungan dalam pelayanannya untuk menarik para calon siswa. Tetapi point penting yang harus dijadikan acuan adalah adanya kerjasama sekolah pilot dan maskapai penerbangan. Akan sangat percuma jika sudah mengeluarkan biaya dengan sangat mahal, tetapi tidak terserap sebagai pilot profesional. Perlu diperhatikan bahwa sekolah termahal dan terbaik sekalipun tidak menjadim lulusannya pasti akan diterima dimaskapai yang diinginkannya. Hal ini dikarenakan bahwa siswa yang telah lulus harus mengikuti seleksi dengan standar yang tinggi dan ketat dari maskapai terkait.

Untuk memotivasi anda, silahkan baca artikel kisaran gaji seorang pilot

Berikut daftar Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia :

Sekolah Pilot Negeri di Indonesia


1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug



STPI Curug merupakan sekolah penerbangan dalam negeri yang mempunyai peminat cukup banyak. Jaminan ikatan dinas lulusan seluruh siswa  yang akan terserap dalam institusi dalam negeri atau swasta menjadi daya tarik tersendiri. Seleksi penerimaan STPI Curug sangatlah ketat dan cukup lama, banyak dari calon siswa yang menunggu hingga berbulan-bulan hingga mendapat kepastian. Hal ini dibayarkan ketika telah masuk STPI Curug dan mendapat jaminan kerja di institusi dalam negeri khususnya di Departemen Perhubungan.

Raya PLP Curug, Tangerang, Banten
Biaya : IDR 500.000.000

note : Subsidi telah dicabut

2. ATKP Surabaya



ATKP Surabaya tak kalah peminatnya dengan STPI Curug, ATKP Surabaya tidak hanya mendidik calon siswa sebagai penerbang. ATKP Surabaya juga memiliki sistem pendidikan dalam semua posisi di dunia penerbangan. Baik lalu lintas udara, teknisi pesawat, teknisi kelistrikan bandar udara, komunikasi penerbangan dan masih banyak lagi lainnya. Lulusan ATKP Surabaya ini pun bergelar Diploma, dan tentunya ATKP Surabaya memiliki standar internasional dalam sistem pengajarannya.

Surabaya
Biaya : IDR 48.000.000

note : Biaya pendidikan terjangkau namun proses seleksi yang panjang


Sekolah Pilot Swasta di Indonesia


1. All Asia Aviation Academy (AAA Academy)


AAA Academy merupakan sekolah pilot asing yang berasal dari Filipina dengan tujuan memberikan pengajaran internasional unutk mendidik kadet-kadet penerbang yang handal. Walaupun mempunyai basis di Indonesia, untuk latihan uji terbang AAA Academy akan melakukannya di Filipina. Sekolah ini mempunyai standar internasional, tentunya para kadet akan dituntut dan terbantukan dalam berbahasa Inggris. Hal ini kan menjadikan kebiasaan, dikarenakan para kadet di AAA Academy tidak hanya berasal dari Indonesia saja melainkan dari berbagai negara. Sehingga secara tidak langsung dapat belajar berbahasa Inggris secara langsung dengan siswa penerbang lainnya.

Jend. Sudirman Kav. 1 Jakarta
Biaya : USD 48.380

note : biaya cukup murah dan bisa lulus kurang dari satu tahun

2. Aero Flyer Institute


Sekolah pilot Aero Flyer juga memiliki peminat yang banyak. Biaya yang cukup bersaing dengan standar mutu yang baik membuat lulusan Aero Flyer mendapat tempat di maskapai-maskapai nasional di Indonesia. Maskapai Batir Air dan Citilink banyak merekrut lulusan dari institusi ini.

Jl. Angkasa Raya, Komp Indoruko No. 20 O, Kemayoran, Jakarta
Biaya : USD 49.000 

note : AFI sebagai penyumbang terbanyak maskapai Batik Air dan Citilink

3. Alfa Flying School


Sekolah Alfa Flying School telah meluluskan lebih dari 20 angkatan, lulusan dari alfa flying school juga terserap cukup baik di dunia penerbangan. Hal ini dikarenakan kebutuhan pilot yang sangat besar disertai dengan terus berdatangannya pesawat-pesawat yang dibeli oleh maskapai penerbangan.

Graha Dirgantara, Lt. Mezzantine

Halim Perdanakusumah, Jakarta
Biaya : IDR 700.000.000

note : Fasilitas latihan terbang di empat tempat

4. Bali International Flight Academy (BIFA)


BIFA merupakan sekolah pilot yang paling diminati oleh calon siswa penerbang. Hal ini dikarenakan Maskapai Garuda Indonesia banyak menerima lulusan dari akademi BIFA. Standar dan kualitas yang di terapkan BIFA mempunyai level internasional dan sangat pas dengan kondisi di Indonesia sehingga terserap dengan mudah untuk menjadi pilot di maskapai-maskapai besar di Indonesia.

T. B. Simatupang Kav. 36 Jakarta
Letkol Wisnu Airfield Sumberkima Village Buleleng, Bali 
Biaya : IDR 670.000.000

note : pilihan terfavorit di Indonesia tetapi memiliki sistem seleksi yang ketat

5. Bandung Pilot Academy


Sekolah pilot BPA atau Bandung Pilot Academy mempunyai program pendidikan yang cukup relatif singkat. Dengan durasi tidak banyak dalam sehari, sehingga siswa penerbang tidak stress saat menerima materi dan pembelajaran yang cukup sulit untuk dipelajari. Sehingga dengan mengefektifkan waktu pembelajaran memungkinkan siswa penerbang dapat menyerap materi pembelajaran dengan baik.

Bandara Husein Sastranegara, Bandung
Biaya : IDR 780.000.000 

note : Program Pendidikan 316 hours


6. Deraya Flying School


Deraya merupakan sekolah pilot yang cukup tua umurnya. Didirikan pada tahun 1967 dan merupakan perintis sekolah penerbangan di Indonesia. Deraya flying school menyajikan materi dengan standar kualitas yang terjaga dari dulu hingga sekarang. Untuk lulusannya pun sudah terserap banyak di maskapai penerbangan di Indonesia.

Halim Perdanakusumah, Jakarta
Biaya UDS 71.000

note : Institusi pendidikan penerbangan paling senior

7. Lombok Institute of Flight Technology


Sekolah Pilot LIFT (Lombok Institute of Flight Technology) menawarkan sistem pendidikan untuk meraih sertifikasi CPL (Commercial Pilot License) dalam waktu yang cukup singkat 15 - 18 bulan. Dengan mempunyai landasar terbang sendiri dan beberapa pesawat modern memungkinkan calon siswa penerbang untuk memaksimalkan pembelajaran.

Kaskusrang Int'l Airport, Lombok
Biaya : USD 66.000

8. National Aviation Management (Sriwijaya Air)


Maskapai penerbangan Sriwijaya Air dalam memenuhi kebutuhan pilot mendirikan sekolah yang masih menjadi naungan dari Sriwijaya Air yang diberinama NAM Flying School. Nama Sriwijaya yang berasal dari kepulauan Sumatra menjadikan Pangkal Pinang, Bangka Belitung menjadi base camp untuk menjalani masa pendidikan. Hampir dari semua lulusan NAM Flying School terserap menjadi pilot dan ada beberapa yang mendapat beasiswa dikarenakan berpotensial dan langsung mendapat ikatan dinas selama masa pendidikan.

Pangkal Pinang, Bangka Belitung

9. Nusa Flying International


Kualitas Nusa Flying School sudah tidak diragukan. Lulusannya terserap dalam negeri bahkan luar negeri. Khususnya kawasan Asia banyak membutuhkan tenaga Pilot dan Nusa Flying School hanya dapat memenuhi sebagian. 

Halim Perdanakusumah, Jakarta
Biaya : USD 53.700

note : lulusan terbaik. 97,5% mendapatkan pekerjaan setelah lulus

10. Proflight Pilot School


Proflight Pilot School memiliki armada yang cukup banyak yaitu 6 pesawat Cessna 172 dan 3 simulator ATD. Dengan penerimaan kelas kecil setiap tahunnya, memungkinkan calon siswa untuk tidak menunggu terlalu lama untuk berlatih terbang. 

Sunter Agung, Jakarta & Cirebon
Biaya : IDR 672.000.000

note : Biaya termurah dapat dicicil 6x

11. Wings Flying School / Angkasa Aviation Academy (AAA)


WFS atau Wing Flying School telah berganti nama menjadi Angkasa Aviation Academy atau AAA pada Maret 2014. Keuntungan masuk sekolah penerbangan miliki maskapai Lion Group adalah jaminan kerja yang ada didepan mata. Berhadapan langsung dengan dunia penerbangan tentunya akan berbeda jika dibandingkan dengan hanya membayangkan bagaimana dunia penerbangan tersebut. Hampir semua lulusannya diterima di maskapai Lion Group seperti Batik Air, Lion Air dan Wings Air.

Cirebon, Jawa Barat

12. Flybest Academy


Kebutuhan tenaga penerbang untuk maskapai lintas pulau baik besar maupun kecil di Indonesia sangatlah dibutuhkan. Flybest academy mendidikan siswa penerbangnya untuk dapat terserap di maskapai baik pesawat besar maupun kecil.

Batam
Biaya : USD 67.500

note : Sekolah pilot baru tetapi sudah memiliki 4 aircraft

13. Dirgantara Pilot School


Selain kualitas yang dilihat dari calon siswa adalah bagaimana sistem pembayarannya. Salah satu sekolah penerbangan yang mempermudah siswa penerbangannya dalam pembayaran adalah Dirgantara Pilot School. Dengan fasilitas pembayaran yang bisa dicicil hingga 15x selama masa pendidikan merupakan daya tarik tersendiri bagi calon siswa yang harus mengatur keuangan terlebih dahulu sebelum memilih sekolah pilot yang biayanya dibilang tidaklah murah.

Wiriadinata, Tasikmalaya
Biaya : IDR 680.000.000

note : Biaya dapat dicicil hingga 15x

14. TAPAT ( Trans Asia Pasific Aviation Training )


Banyak dari maskapai penerbangan yang mendirikan sekolah pilot sendiri salah satunya adalah maskapai TransNusa. Hal ini dikarenakan agar kualitas siswa penerbangan sesuai dengan standar yang diterapkan di maskapai penerbangan tersebut. Keuntungan sekolah penerbangan yang dimiliki oleh maskapai penerbangan adalah adanya ikatan kerja yang menjamin siswa penerbang tersebut mendapat jenjang karier.

Dr. Ir. H. Soekarno, Surabaya
Cideng Timur, Jakarta

note : Sekolah Pilot milik maskapai TransNusa

15. Perkasa Flight School



Berbagai fasilitas ditawarkan oleh beberapa sekolah pilot antara lain cicilan ringan, beasiswa dan salah satunya adalah cicilan bank loan yang terdapat di Sekolah Penerbangan Perkasa. Hal ini sangat membantu bagi calon siswa penerbang dalam hal pembayaran. Sehingga siswa penerbang tidak harus menunggu mengumpulkan uang terlebih dahulu kemudian mengambil kelas, tetapi dengan mengenyam pendidikan dan sambil mengatur keuangan tentunya akan lebih memudahkan. 

Jl Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan

note : Terdapat fasilitas Bank Loan

Dari 15 Daftar ekolah pilot terbaik di Indonesia yang tertera di atas, pastikan untuk memilih yang terbaik dan sesuai dari kriteria anda. Beberapa faktor bijak dalam memilih sekolah pilot adalah kualitas alumni, track record, kerja sama dengan maskapai penerbangan, fasilitas sarana & prasarana, kualitas materi pengajaran, lokasi & biaya.

15 Daftar Sekolah Pilot Terbaik di Indonesia
  1. Ini PPL , CPL dan IR bukan mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. lihat biaya masuk sekolah pilot jadi keder, bisa nggak ya nyekolahin anak jadi pilot?

    ReplyDelete
  3. Mau masuk sekolah pilot, tapi masih mikir keuangan orang tua. Belum untuk adik dan kaka saya����

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga dimudahkan segala urusannya ya pak.

      Delete