-->

Selektif Dalam Hal Biaya Sekolah Pilot di Indonesia


Selektif Dalam Hal Biaya Sekolah Pilot di Indonesia

Wikipilot blogSelektif Dalam Hal Biaya Sekolah Pilot di IndonesiaBiaya sekolah pilot telah di informasikan pada artikel sebelumnya, begitu pula dengan persyaratan masuk sekolah pilot. Begitu mahalnya investasi pendidikan sehingga dalam mencari tempat pendidikan harus sangat selektif. Tidak semua biaya mahal mencerminkan kualitas tersebut bagus dan demikian juga sebaliknya. Memang dalam hal ini biaya menjadi acuan penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Hal lain yang harus diketahui dalam biaya sekolah pilot adalah adakah tambahan-tambahan biaya selain biaya yang di tentukan. Begitu tergiur dengan harga pendidikan yang relatif murah, tetapi kenyataannya dalam masa pendidikan terdapat tambahan-tambahan yang tidak sedikit dan jika di total membuat biaya tersebut hampir sama dengan biaya sekolah pilot lain yang bahkan kualitas pendidikannya jauh diatas sekolah yang kita pilih. 
Cek artikel daftar sekolah pilot untuk biayanya dan review singkatnya.
Berikut adalah tips-tips memilih sekolah pilot terbaik yang bisa menjadi acuan selain biaya sekolah pilot tersebut :

1. Waspada dengan biaya tambahan
Coba pastikan diawal bahwa biaya yang disebutkan oleh sekolah tersebut adalah ALL IN, jika memang ada tambahan-tambahan anda bisa meminta kejelasan diawal dan dapat memperkiraakan sendiri total biaya penerbangan tersebut. Hal ini dikarenakan ada beberapa sekolah pilot telah menerapkan pembiayaan melalui paket lisensi, sedangkan untuk persyaratan masuk sebagai pilot persyaratan komersial harus memiliki setidaknya 3 lisensi PPL,CPL, dan IR. Jika lisensi ini kurang satu, maka anda akan tertunda bahkan bisa gagal untuk menjadi seorang pilot.



2. Track Record Sekolah Pilot
Perhatikan track record sekolah pilot tersebut, hal ini bisa mengetahui kualitas instruktur, materi/silabus yang akan diajarkan, usia sekolah tersebut, kecelakaan pesawat, lulusan alumni dan maskapai yang bekerjasama. Hal ini dikarenakan jangan sampai menyesal setelah masuk kemudian berpindah ketempat lain ataupun buruknya kualitas pendidikan dan jaringan kerjasama sehingga setelah lulus tidak mendapat pekerjaan sebagaimana mestinya.

3. Kualitas Pendidikan
Dari segi pendidikan, pastikan mengetahui apakah mereka mempunyai bandara sendiri untuk latih terbang ataukah berapa jam terbang bisa didapatkan. Untuk jam terbang sendiri adalah salah satu yang disyaratkan untuk bergabung dengan maskapai penerbangan yang menandakan sudah mempunyai experience. Mengetahui perbandingan siswa dengan aircraft yang dimiliki juga perlu, jangan sampai menghabiskan waktu untuk menunggu antrian untuk mendapatkan jam terbang. Kemudian gali informasi untuk mengetahui kualitas instruktur, semakin bagus kualitas seorang instruktur akan semakin cepat mengerti dan mengikuti materi pendidikan. Jika cepat mengerti dan menguasai ilmu penerbangan maka akan confident ketika di tes untuk menjadi seorang pilot di maskapai penerbangan terbaik.

Perlu diperhatikan adalah berapapun biaya dikeluarkan tidak menjamin untuk menjadi seorang pilot. Selain 3 tips diatas hal paling menentukan adalah diri sendiri, improvisasi diri, adaptasi, semangat dan keuletan. 

Selektif Dalam Hal Biaya Sekolah Pilot di Indonesia