-->

Sekolah Pilot Banyuwangi LP3 (Review)


Sekolah Pilot Banyuwangi LP3

Wikipilot blog - Sekolah Pilot Banyuwangi LP3
, Banyak dari calon siswa lebih memilih sekolah pilot negeri daripada swasta. Sekolah penerbangan yang berada di Banyuwangi ini bernama Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (LP3) berdiri sejak 23 Desember 2013 yang dinaungi oleh Dinas Perhubungan. Dari sisi sitem pendidikan tidaklah jauh berbeda dengan STPI Curug yang juga melahirkan pilot-pilot berkualitas yang bisa diterima di maskapai dalam negeri maupun swasta, hampir semua siswa terserap dan dibantukan di pemerintahan dibawah naungan Dinas Perhubungan. 
Dari segi persyaratan untuk masuk ke sekolah pilot di Banyuwangi ini hampir sama dengan sekolah penerbangan lainnya. Diantaranya tinggi badan, minim SMA jurusan IPA, tidak ada riwayat penyakitdan lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat langsung di website resminya Setelah persyaratan terpenuhi, maka akan dilakukan beberapa tahap tes untuk menyeleksi kelayakan calon siswa. Tes ini dibilang cukup ketat karena peminatnya cukup banyak. Beberapa tes diantaranya adalah tes potensi akademik, kesehatan, kesamaptaan, psikotes dan yang paling terakhir adalah wawancara.



Dari sisi biaya, biasanya disebutkan secara tertulis dan dipampang di website pada saat pendaftaran yang bisa didownload. Dikarenakan pada tahun 2014 pemerintah telah menghapus beasiswa untuk siswa penerbang, kemungkinan besar calon siswa harus membayar biaya pendidikan secara reguler. 

Akademi pilot Banyuwangi LP3 mempunyai program lisensi yang cukup lengkap (bisa dilihat diwebsitenya langsung ) dan yang paling menarik dan tidak ada di sekolah pilot lainnya adalah tersedianya pendidikan dikhususkan pilot asing dan militer.

Sekolah pilot negeri memang menjadi pilihan utama karena mempunyai ikatan dinas yang jelas dan jaminan terserapnya sebagai tenaga kerja. Tetapi dengan ketatnya persaingan dan tes untuk masuk sekolah pilot dalam negeri ini, banyak dari calon siswa yang mengurungkan niatnya untuk memilih sekolah pilot swasta yang tentunya lebih mahal. Walaupun sulit untuk masuk kesekolah pilot Banyuwangi LP3, tidak ada salahnya untuk dicoba.


Sekolah Pilot Banyuwangi LP3 (Review)