-->

Syarat Untuk Masuk Sekolah Pilot


Syarat Masuk Sekolah Pilot

Wikipilot blogSyarat Untuk Masuk Sekolah PilotBegitu ketatnya dan mahalnya biaya masuk kesekolah pilot. Pada dasarnya masuk ke akademi penerbangan cukup sehat dan jasmani dan rohani kemudian ditambah dengan ketrampilan berbahasa Inggris dan kemampuan mengolah serta menganalisa suatu masalah dengan psikotest.

Kebanyakan beberapa tempat pendidikan pilot mempunyai garis besar persamaan persyaratan bagi calon siswanya. Ketentuan khusus yang harus ditempuh dalam menjalani test. Persyaratan khusus tersebut antara lain : Medical Examination (MEDEX), English Proficiency dan yang terakhir adalah Aptitude Test atau Psikotest. Selain ketiga persyaratan tersebut, beberapa tempat juga menambahkan tes fisik seperti di STPI Curug, BIFA (Bali International Flight Academy) juga menambahkan tes NBO, bahkan ada yang menambahkan tes wawancara sebagai persyaratan untuk masuk ke sekolah pilot tersebut. 



Selain ketentuan khusus diatas, disebutkan persyaratan umum untuk mendaftar sebagai calon siswa :
  1. Berusia minimal 17 tahun dan maks 23 tahun ( batasan tergantung kebijakan sekolah masing-masing )
  2. Belum menikah dan terdapat ikatan untuk tidak menikah selama pendidikan ( khusus sekolah pilot negeri )
  3. Sehat fisik dan rohani, tidak menggunakan obat - obatan terlarang, tidak cacat tubuh, tidak berkaca mata, tidak buta warna dan tidak menggunakan kawat gigi
  4. Tinggi badan minimum 165 atau 170 untuk pria dan 160 untuk wanita. Berat badan ideal menyesuaikan dari tinggi badan.
  5. Lulus SMU atau Sederajat. Jurusan bebas tapi ada beberapa sekolah penerbangan seperti STPI Curug dan BIFA mengkhususkan calon siswa mempunyai latar belakang IPA
Ketentuan menempuh pendidikan dikembalikan kepada kebijakan masing - masing institusi pendidikan. Tentunya semakin ketat syarat penyeleksian maka semakin bagus mutu pendidikan dan calon siswa yang berada di sekolah pilot tersebut. 

Syarat Untuk Masuk Sekolah Pilot